Rabu, 09 Januari 2008

CARS

Kali ini kami akan membahas sebuah film animasi yang bias dibilang sangat terkenal. Pertengahan tahun 2006, Pixar meluncurkan sebuah film animasi yang berkisah tentang kehidupan sebuah mobil balap bernama Lightning McQueen. Film itu adalah Cars. Sebagai film animasi jangan dikira film ini hanya untuk anak-anak kecil, film ini juga bisa ditonton oleh orang dewasa.

Berawal kisah dari sebuah laga terakhir di arena balap melingkar dalam Piston Cup. Lomba itu diawali dengan tiga buah mobil yang memiliki jumlah poin yang sama persis. So, lomba tu merupakan yang terpenting bagi mereka untuk menentukan siapa juaranya, apakah seorang rookie, Lightning McQueen?? Ataukah Chick Hicks?? Atau The King???
Yah, lagi – lagi hasil lomba ini seri. Ketiga-tiganya memasuki garis finish dengan posisi sama persis. Jadi siapa yang menang??? Untuk itu, diadakan lagi sebuah lomba di Los Angeles International Speedway 1 minggu kemudian.

Di tengah perjalanan ke Los Angeles, terjadilah sesuatu yang tidak diduga. Lightning McQueen, yang berada di dalam sebuah truk angkutannya, Mack, tiba-tiba terjatuh keluar. Ia pun beruasaha mengejar mack. Namun sialnya, ia salah mengejar truk, dan ia tiba di sebuah kota kecil, Radiator Springs. Di sana ia ‘disambut’ oleh sheriff. Ia ditangkap karena telah merusah seluruh jalanan di Radiator Springs. Akhirnya ia pun harus rela bersusah payah menjalankan Bessie, sebuah mesin aspal untuk memuluskan kembali jalanan di Radiator Springs, agar ia bisa keluar dari kota itu.

Hari pertama pembenahan jalan itu dilalui dengan susah payah. Namun yang terjadi adalah jalan itu makin rusak dan hancur. McQueen tetap tidak mau peduli dengan kerusakan itu. Sebagai jalan keluar, Doc Hudson menawarkan sebuah pertandingan balap, jika McQueen menang, maka ia dapat keluar dari kota itu. Namun sebaliknya, jika kalah, maka ia harus memperbaiki jalan lagi. Bukan McQueen namanya jika menolak ajakan untuk balapan. Apa yang terjadi?? Ternyata McQueen kalah, dan ia harus menahan sakit karena tertusuk duri kaktus.

Detik demi detik terus berganti, menit demi menit juga terus berganti. Dalam pekerjaannya membenahi jalan, ia mendapat semakin banyak pelajaran hidup. Selain itu dia juga mendapat seorang sahabat sejati, Mater, sebuah truk Derek tua dan berkarat. Serta sebuah mobil cantik, Sally, Porsche 911 Carrera. Ada lagi sebuah rahasia yang tersembunyi di kota kecil itu. Doc Hudson, ternyata adalah sebuah mobil balap yang pernah memenangi kejuaraan Piston Cup, Hudson Hornet.

Tiba di hari saat McQueen kembali ke arena balap. Ia telah kehilanagn seluruh anggota tim karena sikapnya dulu yang sangat sombong. Namun, ada yang menggantikannya, yaitu teman-temannya dari Radiator Springs. Termasuk Doc Hudson. Selanjutnya Perlombaan berlangsung sangat menegangkan. Kecurangan kembali dilakukan oleh Hicks. Akhirnya siapakah yang menang????

Perlu diketahui, walaupun ini film animasi, jangan dikira gambar serta ceritanya sangat jelek. Justru sebaliknya, kualitas gambar patut diacungi jempol. Garapan Pixar ini sangat rapi dan persis dengan gambar film bukan animasi. Satu-satunya yang membuat film ini tampak seperti layaknya film animasi adalah karakter mobil yang dibuat lucu. Sedangkan jalan cerita, juga bagus. Dalam film ini terkandung banyak nilai moral yang sering kita lupakan dalam kehidupan nyata. Akhir kata kami tidak bias bilang apa-apa lagi, yang jelas kalian semua harus nonton film ini.

Genre:
Animasi, Adventure

Sutradara:
John Lasseter & Joe Ranft

Penulis Naskah:
John Lasseter, Joe Ranft, Jorgen Klubien, Brenda Chapman

Pengisi Suara:
Owen Wilson
Paul Newman
Bonnie Hunt
Larry the Cable Guy
John Ratzenberger
Joe Ranft
Michael Keaton
Richard Petty

Penata Musik:
Randy Newman

Sinematografi:
Jeremy Lasky
Jean Claude Kalache

Editor:
Ken Schretzmann

Produksi:
Walt Disney Pictures

Rilis:
9 Juni 2006 ( di AS)

Durasi:
116 minutes

Tidak ada komentar: